Friday, April 12, 2019

SOAL SOAL USBN PEMROGRAMAN DASAR

SOAL SOAL USBN PEMROGRAMAN DASAR
 
1. Tokoh matematika yang biasa dijuluki “Bapak Algoritma” ialah ….
A. Blaise Pascal
B. Al Khawarizmi
C. George Babbage
D. Mark Zuckerberg
E. Mark Twain
Jawaban : B

2. Pemrograman dalam teknologi warta mempunyai pelbagai bidang. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman ialah pemrograman
A. sistem operasi
B. desain grafis
C. web
D. basis data
E. game 
Jawaban : B

3. Structured Query Language ialah bahasa pemrograman untuk
A. web
B. domain
C. basis data
D. sistem operasi
E. routing 
Jawaban : C

4. Operator relasional (perbandingan) yang dipakai untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu ...
A. !=
B. <=
C. >=
D. <
E. > 
Jawaban : A

5. Berikut yang merupakan perintah keluaran ialah ….
A. input
B. get
C. print
D. switch
E. case 
Jawaban : C

6. Dalam flowchart, simbol yang dipakai untuk percabangan ialah ...
Jawaban : B
7. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut: Judul : Algoritma Membandingkan dua buah nilai
Kamus :
A, B: integer Algoritma :
input (A,B) if (A>B) then
output(“Bilangan terbesar A”) else
if (A<B) then output(“Bilangan terbesar B”)
else
Output(“Bilangan A dan B sama”) endif
endif
Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi dengan nilai 10 maka outputnya ialah ...
A. Bilangan terbesar B
B. Bilangan terbesar A
C. Bilangan A dan B sama
D. Bilangan terkecil A
E. Bilangan terkecil B 
Jawaban : B

8. Tampilan kegiatan di atas memakai komponen …. 


A. toolbar
B. menubar
C. combobox
D. textfield
E. textarea 
Jawaban : C

9. Perhatikan struktur percabangan berikut : if (x > 0)
cout << "x is positive"; else if (x < 0)
cout << "x is negative"; else
cout << "x is 0";
Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outpunya ialah ...
A. x is positive
B. x is negative
C. x is 0
D. Tidak ada output
E. x is 15 
Jawaban : A
10. Komponen kegiatan grafis di atas disebut …. 

A. radio button
B. button
C. toggle button
D. list
E. chek box 
Jawaban : A

11.struktur pertama dalam pascal adalah . .
a. Char;
b. String
c. End.
d. Writeln
e. Uses crt;

12. Untuk melihat hasil dari program yang di kerjakan tekan tombol ...
a. CRTL+F5
b. CRTL+F9
c. CRTL+F2
d. CRTL+F12
e. CRTL+F4

13. Berapa kode yang digunakan untuk membuat tulisan berwarna “CYAN”…
a. 4
b. 2
c. 128
d. 7
e. 3


14. Perintah dasar sederhana dalam program passcal adalah...
a. Readln
b. End
c. Write
d. Wtiteln
e. Uses crt;

15. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah...
a. String
b. Char
c. Boolean
d. Byte
e. Real

16. Siapkah penemu program pascal…
a. Greyson change
b. Prof.niklaus wirth
c. Kondrazuse
d. Prof.niklaus smirth
e. Dr.harcules


17. Struktur bahasa pemograman pascal paling pertama adalah...
a. Var;
b. Begin
c. End;
d. Uses crt;
e. Writeln;

18. Tipe data pascal untuk karakter adalah...
a. Char
b. Boolean
c. Integer
d. Real
e. Byte

19. Kapan terbentuknya pascal...
a. 1981
b. 1971
c. 1961
d. 1991
e. 1987

20. Apa kepanjangan ari USES…
a. Unit secure
b. Uni t syntax
c. Unit sytem
d. Up software
e. Unit smiconductor

21. Bilangan bundar pada bahasa Java, sebaiknya memakai variabel
A. Double
B. Word
C. Integer
D. Float
E. Double 
Jawaban : C

22. Potongan sebuah kegiatan disajikan berikut int a=5;
int b=7; int c=a+b
Pada kegiatan tersebut a,b,dan c disebut ….
A. faktor
B. isyarat
C. proses
D. variabel
E. fungsi 
Jawaban : D

23. Perhatikan potongan isyarat dalam Basic 256 
berikut angka1=1
angka2=22
angka3=333
angka4=4444 print angka1; 
print angka2; print angka3; print angka4;
Hasil yang disajikan ialah
A. 1
22
333
4444
B. 122
333
444
C. 122
3334444
D. 122333
4444
E. 1223334444 
Jawaban : E

24. Lampu kemudian lintas mengatur pemakai kemudian lintas, dengan menyalakan lampu merah untuk berhenti, lampu hijau untuk berjalan dan lampu kuning untuk persiapan. Prosedur paling sempurna untuk keadaan ini ialah ….
A. switch to
B. if then
C. on goto
D. case of
E. while do 
Jawaban : B

25. 




Perhatikan kode kegiatan di atas, manakah hasil yang sempurna jikalau kita memasukkan angka 4 sebagai nilai suku
A. 0
1
1
2
B. 2
1
1
0
C. 1
1
2
3
D. 0
1
1
4
E. 0
1
2
Jawaban : A

26. Instruksi Gosub menginstruksikan kegiatan utama mengakses subprogram. Apabila subprogram simpulan bekerja, alur kegiatan dikembalikan ke kegiatan utama. Instruksi yang diberikan pada subprogram ialah ….
A. back
B. set
C. else
D. return
E. select 
Jawaban : D

27. Penulisan pemanggilan fungsi dalam Bahasa Java yang sempurna ialah ….
A. @stemba
B. //stemba
C. stemba()
D. /*stemba*/
E. stemba{} 
Jawaban : C

28. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang sempurna dipakai untuk kondisi ini ialah ....
A. OR
B. AND
C. NOT
D. NOR
E. NAND 
Jawaban : B

29. Sebuah sistem server sanggup diakses apabila hanya pin atau hanya keyword saja yang sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang sempurna dipakai untuk kondisi ini ialah ….
A. NOT
B. NOR
C. NAND
D. EXOR
E. EXNOR 
Jawaban : C

30. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan mekanisme pemrograman sebagai berikut : user$=”joesti”
input “nama pengguna = “,nama$ if nama$ ……… user$ then print “login Anda salah” ….….
Koding pada baris ke-3 dilengkapi dengan isyarat
A. =
B. >
C. <
D. !=
E. <> 
Jawaban : D

31. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan kode kegiatan sebagai berikut :
user$=”joesti” pass$=”stemba”
input “nama pengguna = “,nama$ input “password = “,sandi$
if ……………… then
print “Selamat Datang,”+nama else
print “Maaf, Anda tidak boleh mengakses” endif
Koding pada baris ke-5 dilengkapi dengan isyarat
A. user$ =nama$ and pass$=sandi$
B. user$ =nama$ or pass$=sandi$
C. user$ =nama$ not pass$=sandi$
D. user$ =nama$ xor pass$=sandi$
E. user$ >>nama$ and pass$>>sandi$ 
Jawaban : A

32. Siswa kelas XII TKJ melakukan pemasan jelang pelajaran olah raga. Mereka berlari mengelilingi lapangan sepakbola sebanyak tiga kali putaran.
Prosedur perulangan yang sempurna untuk kegiatan ini ialah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of 
Jawaban : B

33. “Ikhlash, tolong tengok daerah minum sapi di kandang”, kata Bunda
“Bila tak penuh, ambil air dari sumur sebelah kandang. Isi hingga penuh, ya” lanjut Bunda "Ya, Bunda”, jawab Ikhlash
Prosedur pemrograman paling sempurna untuk kegiatan Ikhlash nanti ialah ….
A. for next
B. do until
C. while do
D. case of
E. repeat do 
Jawaban : C

34. Jemparingan ialah sebuah kompetisi memanah tradisional warisan kerajaan Mataram. Pada even ini setiap pemanah harus berbusana tabiat Jawa Mataram. Masing-masing diberi tiga anak panah untuk memanah sasaran berupa bandul putih dengan warna merah di atasnya yang digantung dengan tali sebagai sasaran tembaknya. Ada suara lonceng yang menandai jikalau anak panah itu tertancap pada bandul tersebut. Lomba dinyatakan usai bila sasaran terkena anak panah yang dilesatkan dari jarak 30 meter.
Prosedur paling sempurna untuk menggambarkan kegiatan tersebut ialah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of 
Jawaban : C

35. Variabel-variaberl berikut yang mengatakan variabel array ialah ….
A. stemba(7)
B. stemba{7}
C. stemba#7
D. stemba[7]
E. stemba@7 
Jawaban : D


36. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e. Semua benar

37. Array terdiri dari berbagai tipe kecuali …
a. Array Multi-Dimensi
b. Array Dimensi Satu
c. Array Dimensi Tiga
d. Array Dimensi Dua
e. Semua jawaban benar

38. Nama variabel berikut ini yang benar adalah …
a. NamaGuru
b. Alamat Guru
c. alm gr
d. sts/status
e. tpt.tgl


39. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa adalah …
a. Numeric
b. Character
c. Date/Time
d. Array
e. Integer

40. Pemberian nama variabel yang benar adalah …
a. %nilai
b. nilai_mahasiswa
c. nama mahasiswa
d. &panjang
e. alamat!

0 comments

Post a Comment