SOAL SOAL USBN PEMROGRAMAN DASAR
1. Tokoh matematika yang biasa dijuluki “Bapak Algoritma” ialah ….
A. Blaise Pascal
B. Al Khawarizmi
C. George Babbage
D. Mark Zuckerberg
E. Mark Twain
Jawaban : B
2. Pemrograman dalam teknologi warta mempunyai pelbagai bidang. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman ialah pemrograman
A. sistem operasi
B. desain grafis
C. web
D. basis data
E. game Jawaban : B
3. Structured Query Language ialah bahasa pemrograman untuk
A. web
B. domain
C. basis data
D. sistem operasi
E. routing Jawaban : C
4. Operator relasional (perbandingan) yang dipakai untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu ...
A. !=
B. <=
C. >=
D. <
E. > Jawaban : A
5. Berikut yang merupakan perintah keluaran ialah ….
A. input
B. get
C. print
D. switch
E. case Jawaban : C
6. Dalam flowchart, simbol yang dipakai untuk percabangan ialah ... Jawaban : B
7. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut: Judul : Algoritma Membandingkan dua buah nilai
Kamus :
A, B: integer Algoritma :
input (A,B) if (A>B) then
output(“Bilangan terbesar A”) else
if (A<B) then output(“Bilangan terbesar B”)
else
Output(“Bilangan A dan B sama”) endif
endif
Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi dengan nilai 10 maka outputnya ialah ...
A. Bilangan terbesar B
B. Bilangan terbesar A
C. Bilangan A dan B sama
D. Bilangan terkecil A
E. Bilangan terkecil B Jawaban : B
8. Tampilan kegiatan di atas memakai komponen ….
A. toolbar
B. menubar
C. combobox
D. textfield
E. textarea Jawaban : C
9. Perhatikan struktur percabangan berikut : if (x > 0)
cout << "x is positive"; else if (x < 0)
cout << "x is negative"; else
cout << "x is 0";
Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outpunya ialah ...
A. x is positive
B. x is negative
C. x is 0
D. Tidak ada output
E. x is 15 Jawaban : A
10. Komponen kegiatan grafis di atas disebut ….
A. radio button
B. button
C. toggle button
D. list
E. chek box Jawaban : A
A. Blaise Pascal
B. Al Khawarizmi
C. George Babbage
D. Mark Zuckerberg
E. Mark Twain
Jawaban : B
2. Pemrograman dalam teknologi warta mempunyai pelbagai bidang. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman ialah pemrograman
A. sistem operasi
B. desain grafis
C. web
D. basis data
E. game Jawaban : B
3. Structured Query Language ialah bahasa pemrograman untuk
A. web
B. domain
C. basis data
D. sistem operasi
E. routing Jawaban : C
4. Operator relasional (perbandingan) yang dipakai untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu ...
A. !=
B. <=
C. >=
D. <
E. > Jawaban : A
5. Berikut yang merupakan perintah keluaran ialah ….
A. input
B. get
C. print
D. switch
E. case Jawaban : C
6. Dalam flowchart, simbol yang dipakai untuk percabangan ialah ... Jawaban : B
7. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut: Judul : Algoritma Membandingkan dua buah nilai
Kamus :
A, B: integer Algoritma :
input (A,B) if (A>B) then
output(“Bilangan terbesar A”) else
if (A<B) then output(“Bilangan terbesar B”)
else
Output(“Bilangan A dan B sama”) endif
endif
Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi dengan nilai 10 maka outputnya ialah ...
A. Bilangan terbesar B
B. Bilangan terbesar A
C. Bilangan A dan B sama
D. Bilangan terkecil A
E. Bilangan terkecil B Jawaban : B
8. Tampilan kegiatan di atas memakai komponen ….
A. toolbar
B. menubar
C. combobox
D. textfield
E. textarea Jawaban : C
9. Perhatikan struktur percabangan berikut : if (x > 0)
cout << "x is positive"; else if (x < 0)
cout << "x is negative"; else
cout << "x is 0";
Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outpunya ialah ...
A. x is positive
B. x is negative
C. x is 0
D. Tidak ada output
E. x is 15 Jawaban : A
10. Komponen kegiatan grafis di atas disebut ….
A. radio button
B. button
C. toggle button
D. list
E. chek box Jawaban : A
11.struktur pertama dalam pascal adalah . .
a. Char;
b. String
c. End.
d. Writeln
e.
Uses crt;
12. Untuk melihat hasil dari program yang
di kerjakan tekan tombol ...
a. CRTL+F5
b.
CRTL+F9
c. CRTL+F2
d. CRTL+F12
e. CRTL+F4
13. Berapa kode yang digunakan untuk
membuat tulisan berwarna “CYAN”…
a. 4
b. 2
c. 128
d. 7
e. 3
14. Perintah dasar sederhana dalam program
passcal adalah...
a. Readln
b. End
c.
Write
d. Wtiteln
e. Uses crt;
15. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE
FALSE adalah...
a. String
b. Char
c.
Boolean
d. Byte
e. Real
16. Siapkah penemu program pascal…
a. Greyson change
b.
Prof.niklaus wirth
c. Kondrazuse
d. Prof.niklaus smirth
e. Dr.harcules
17. Struktur bahasa pemograman pascal
paling pertama adalah...
a. Var;
b. Begin
c. End;
d.
Uses crt;
e. Writeln;
18. Tipe data pascal untuk karakter
adalah...
a.
Char
b. Boolean
c. Integer
d. Real
e. Byte
19. Kapan terbentuknya pascal...
a. 1981
b.
1971
c. 1961
d. 1991
e. 1987
20. Apa kepanjangan ari USES…
a. Unit secure
b. Uni t syntax
c.
Unit sytem
d. Up software
21. Bilangan bundar pada bahasa Java, sebaiknya memakai variabel
A. Double
B. Word
C. Integer
D. Float
E. Double Jawaban : C
22. Potongan sebuah kegiatan disajikan berikut int a=5;
int b=7; int c=a+b
Pada kegiatan tersebut a,b,dan c disebut ….
A. faktor
B. isyarat
C. proses
D. variabel
E. fungsi Jawaban : D
23. Perhatikan potongan isyarat dalam Basic 256 berikut angka1=1
angka2=22
angka3=333
angka4=4444 print angka1; print angka2; print angka3; print angka4;
Hasil yang disajikan ialah
A. 1
22
333
4444
B. 122
333
444
C. 122
3334444
D. 122333
4444
E. 1223334444 Jawaban : E
24. Lampu kemudian lintas mengatur pemakai kemudian lintas, dengan menyalakan lampu merah untuk berhenti, lampu hijau untuk berjalan dan lampu kuning untuk persiapan. Prosedur paling sempurna untuk keadaan ini ialah ….
A. switch to
B. if then
C. on goto
D. case of
E. while do Jawaban : B
25.
Perhatikan kode kegiatan di atas, manakah hasil yang sempurna jikalau kita memasukkan angka 4 sebagai nilai suku
A. 0
1
1
2
B. 2
1
1
0
C. 1
1
2
3
D. 0
1
1
4
E. 0
1
2
3 Jawaban : A
26. Instruksi Gosub menginstruksikan kegiatan utama mengakses subprogram. Apabila subprogram simpulan bekerja, alur kegiatan dikembalikan ke kegiatan utama. Instruksi yang diberikan pada subprogram ialah ….
A. back
B. set
C. else
D. return
E. select Jawaban : D
27. Penulisan pemanggilan fungsi dalam Bahasa Java yang sempurna ialah ….
A. @stemba
B. //stemba
C. stemba()
D. /*stemba*/
E. stemba{} Jawaban : C
28. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang sempurna dipakai untuk kondisi ini ialah ....
A. OR
B. AND
C. NOT
D. NOR
E. NAND Jawaban : B
29. Sebuah sistem server sanggup diakses apabila hanya pin atau hanya keyword saja yang sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang sempurna dipakai untuk kondisi ini ialah ….
A. NOT
B. NOR
C. NAND
D. EXOR
E. EXNOR Jawaban : C
30. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan mekanisme pemrograman sebagai berikut : user$=”joesti”
input “nama pengguna = “,nama$ if nama$ ……… user$ then print “login Anda salah” ….….
Koding pada baris ke-3 dilengkapi dengan isyarat
A. =
B. >
C. <
D. !=
E. <> Jawaban : D
31. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan kode kegiatan sebagai berikut :
user$=”joesti” pass$=”stemba”
input “nama pengguna = “,nama$ input “password = “,sandi$
if ……………… then
print “Selamat Datang,”+nama else
print “Maaf, Anda tidak boleh mengakses” endif
Koding pada baris ke-5 dilengkapi dengan isyarat
A. user$ =nama$ and pass$=sandi$
B. user$ =nama$ or pass$=sandi$
C. user$ =nama$ not pass$=sandi$
D. user$ =nama$ xor pass$=sandi$
E. user$ >>nama$ and pass$>>sandi$ Jawaban : A
32. Siswa kelas XII TKJ melakukan pemasan jelang pelajaran olah raga. Mereka berlari mengelilingi lapangan sepakbola sebanyak tiga kali putaran.
Prosedur perulangan yang sempurna untuk kegiatan ini ialah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of Jawaban : B
33. “Ikhlash, tolong tengok daerah minum sapi di kandang”, kata Bunda
“Bila tak penuh, ambil air dari sumur sebelah kandang. Isi hingga penuh, ya” lanjut Bunda "Ya, Bunda”, jawab Ikhlash
Prosedur pemrograman paling sempurna untuk kegiatan Ikhlash nanti ialah ….
A. for next
B. do until
C. while do
D. case of
E. repeat do Jawaban : C
34. Jemparingan ialah sebuah kompetisi memanah tradisional warisan kerajaan Mataram. Pada even ini setiap pemanah harus berbusana tabiat Jawa Mataram. Masing-masing diberi tiga anak panah untuk memanah sasaran berupa bandul putih dengan warna merah di atasnya yang digantung dengan tali sebagai sasaran tembaknya. Ada suara lonceng yang menandai jikalau anak panah itu tertancap pada bandul tersebut. Lomba dinyatakan usai bila sasaran terkena anak panah yang dilesatkan dari jarak 30 meter.
Prosedur paling sempurna untuk menggambarkan kegiatan tersebut ialah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of Jawaban : C
35. Variabel-variaberl berikut yang mengatakan variabel array ialah ….
A. stemba(7)
B. stemba{7}
C. stemba#7
D. stemba[7]
E. stemba@7 Jawaban : D
36. Berikut ini yang termasuk operator
aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e.
Semua benar
37. Array terdiri dari berbagai tipe
kecuali …
a. Array Multi-Dimensi
b. Array Dimensi Satu
c. Array Dimensi Tiga
d. Array Dimensi Dua
e.
Semua jawaban benar
38. Nama variabel berikut ini yang benar
adalah …
a.
NamaGuru
b. Alamat Guru
c. alm gr
d. sts/status
e. tpt.tgl
39. Tipe data yang cocok untuk menyimpan
data nama siswa adalah …
a. Numeric
b.
Character
c. Date/Time
d. Array
e. Integer
40. Pemberian nama variabel yang benar
adalah …
a. %nilai
b.
nilai_mahasiswa
c. nama mahasiswa
d. &panjang
e. alamat!
0 comments
Post a Comment